Kayu bahan untuk pemilihan lantai

Lantai kayu rumah modern juga menggunakan bahan dari kayu sebagai bahan untuk lantai. Penggunaan kayu karena memberikan nuansa alami sehingga unik dan selain itu ketika menginjak lantai terasa nyaman dikaki. Walau diakui kayu punya banyak kelemahan seperti mudah dimakan rayap dan pelapukan sehingga memerlukan perawatan yang lebih jika dibandingkan dengan jenis lantai lain seperti keramik, granit dan material lainnya.

Penggunaan kayu kebanyakan bukan untuk seluruh ruangan yang ada pada rumah tetapi hanya untuk tempat tertentu saja walau demikian ada juga menggunakan seluruhnya atau memang seluruh rumah terbuat dari bahan kayu. Rumah tradisional dipedesaan masih banyak menggunakan bahan dari kayu.



Lantai rumah modern dengan menggunakan bahan dari kayu untuk memberikan dekorasi tersendiri sehingga kelihatan unik dan tampak bergaya. Jika rumah lantai dua atau lebih banyak menggunakan kayu pada lantai dua atau diatasnya. Kenyamanan yang diberikan kayu memberikan keunikan tersendiri. Lantai dua dan diatasnya lebih bebas dari genangan air atau banjir.
Rumah lantai satu juga sebagian ruangan menggunakan lantai dari kayu seperti ruang tamu sehingga kehangatan bersama tamu untuk ngobrol.
Lantai parket merupakan bahan lantai yang juga sering digunakan.
Kamar tidur juga sering menggunakan bahan yang terbuat dari kayu, karena kehangatan yang diberikan ketika kaki menginjak lantai.

Bahan yang terbuat dari jati tentu saja sangat mahal, bahan ini juga banyak digunakan untuk perabotan rumah. Banyak kita jumpai rumah-rumah tua atau rumah-rumah adat menggunakan bahan ini dan berusia sangat lama, karena bahan dari jati sangat kuat dan tahan lama jika dibandingkan dengan bahan kayu lainnya. Untuk produsen dalam negeri jenis lantai ini juga telah memasarkan sampai ke luar negeri.


Untuk sekarang ini banyak jenis kayu untuk lantai menggunakan kayu buatan atau Engineered hardwood. Keunggulan dari Engineered hardwood ini adalah mencegah penyusutan dan pengembangan kayu seperti Solid Hardwood Flooring. Makanya untuk pemasangannya solid hardwood flooring ini disisakan beberapa milimeter untuk menampung kembang susutnya.
Keunggulan dari Engineered hardwood ini kemudahan dalam instalasi dan bisa dipakai untuk seluruh lantai ruangan dan kekerasan pada lantai juga lebih baik dari lantai kayu biasa bahkan bisa diaplikasikan dengan lantai beton.

JIka pemakaian lantai kayu biasa perawatan juga harus cermat. Untuk mencegah rayap dan pelapukan maka harus anda pernis atau cat secara berkala. Menghindari binatang peliharaan seperti kucing atau anjing berjalan diatasnya sehingga menyebabkan goresan.
Untuk daerah cuaca yang dingin banyak menggunakan jenis lantai kayu karena dapat menahan hawa dingin sehingga anda dapat bertelanjang kaki dirumah

Perabotan yang anda gunakan pada lantai kayu juga harus anda perhitungkan artinya lantai tidak anda bebani dengan perabotan yang berat-berat. Hal ini bisa menyebabkan lantai berbekas atau tergores sehingga mereusak lantai. Untuk kaki-kaki perabotan seharusnya menggunakan lapisan karet dibawahnya atau menggunakan karpet.

Membersihkan lantai kayu bisa digunakan dengan sapu atau penghisap debu seperti vacuum cleaner. Bisa di pel tetapi tidak untuk lantai parket. Untuk makanan dan minuman yang membasahi lantai harus segera dibersihkan.
Untuk lebih aman apalagi seperti tempat tidur lebih baik menggunakan pelapis diatasnya seperti karpet.

Mungkin anda berniat untuk memangun rumah dengan menggunakan bahan lantai kayu, ada baiknya anda perhatikan kelemahan lantai kayu serta perawatannya dan memlih ruanagan yang tepat untuk penggunaannya. Bisa juga memilih Engineered hardwood floor atau lantai parket. Jika anda hanya tertarik dengan motif kayu, pemilihan keramik juga lebih cocok untuk itu sebab keramik juga ada dengan motif kayu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar